YAN Blog's Neo

Jumat, 19 Desember 2008

Pengalaman Kuliah Gue...

Pengalaman kuliah Gue!!!

Aslm…


Tau gak tujuan karirku setelah di SMA? Tujuanku tuh adalah kuliah di Universitas favorit dan masuk di jurusan kesehatan atau teknologi. Tapi setelah dipertimbangkan dengan seluruh keluarga besarku, aku harus masuk jurusan teknologi. Kalo Informatika, saingannya buanyak, so…SI aja deh!! Kata kakakku sih sama. Tau gak, deskripsi awal aku tentang SI (Sistem Informasi)?! Deskripsi awal aku tuh gini:

1. Kuliahnya hampir sama dengan Teknik Informatika (TC).

2. Mungkin materinya beda, tapi tetap mencangkup masalah IT pemrograman.

3. Lebih membahas tentang masalah jaringan.

4. Pemrograman berbeda dengan TC, namun tetap setara basisnya.

5. Database lebih diperdalam.

6. Pokoknya IT banget.


Tapi ternyata:

1. Yang diperdalam adalah management

2. Ilmu pemrogramannya dikit banget.

3. Padahal aku ngga’ suka Management

4. Sial…

5. Sial…

6. Sial…


Dalam benakku terlintas, “Ada yang punya tali ngga’? bantuin aku talikan ke pohon dunk!!!” Tapi…it’s okay lah, ku jalani aza dulu, siapa tau aku kompeten di SI? he3x


ORIENTASI MAHASISWA BARU

Aku sebenernya males banget kalo nyeritakan masalah OMB, tapi lucu juga. Ada yang aktiiiif banget! Ya…kayak Aulia, Riza, Fatur, Diaz, dan lain2. Ada juga yang pasiiiif baget, salah satunya ya kayak aku ini! He3x. tapi kepasifanku ini bukan semata-mata cari aman aza tau’! Kasarannya sih, KMSI bukan tujuan utamaku, tapi tetep jadi tujuanku ko’! sebenernya, alasanku bukan hanya itu aza. Kalo mo tau alasan aku pasif saat OMB, Tanya di comment donk, ok!


PENGKADERAN

Pengkaderan menurut persepsi dan analisa aku, 20% bermanfa’at, 80% kurang kerja’an alias Nuorak’. Dulu sih persepsi aku kebalik! 20% kurang kerja’an, 80% bermanfa’at. Aku cerita pengkaderan yang awal dulu, begini ceritanya: Hiiii….hi…hi…hi…hi…

Aku tuh salut banget dengan system pengenalan antar MaBa memakai system catat (buku MaBa) karena dengan dicetuskannya system tersebut, aku yang standartnya bisa kenal ama orang tuh kecepatannya 20 orang per bulan bisa melesat menjadi 60 orang per bulan. So, dalam waktu kurang dari tiga bulan, aku dah dapat data seluruh MaBa lo! Tapi datanya doank…! Kalo masalah kenal secara manusiawi, menurutku sama aja, gak ngefek!!!

Ngga’ Cuma itu doang bro, dengan adanya pengkaderan ini, aku bisa kumpul-kumpul ama temen-temen dan bisa cuci mata gitu! Tapi kualitas ceweknya dari SMA ke Kuliah kok menurun ya? Yang cantik dan cute abis tuh malah cewek-cewek Industrinya, semok abizJ! Kita bisa sharing permasalahan bersama, nyelesaikan bersama, senang bersama, sedih tanggung sendiri! He3x…ApAtIs…J!

Nahh…Sekarang aku cerita pengkaderan yang versi terbaru, versi NUORAK’. Begini ceritanya: Hiiii….hi…hi…hi…hi…

Emm…sebelumnya saya minta ma’af apabila ada salah ketik yang membuat kaum fanatisme menjadi tersinggung, maaf ya!

Setelah buku MaBa selesai, apa yang terjadi? Eh…MaLanya ikut-ikutan. Parahnya minta dibuatin lagi. Yang paling jijik tuh kita harus menyapa MaLa tiap hari dan minta tanda tangan kepeda MaLa. Lalu tau gak balasan MaLa terhadap MaBa? Saat disapa mengacuhkan diri, saat minta tanda tangan berbelit-belit alias sok penting+sibuk. Emank buku ini penting apa? Mo muntah tau gak!

Emm…perlu diperjelas bahwa MaLa yang dimaksudkan adalah para MaLa Fanatik doank. Mala selain katagori tersebut ya I Love U banget gitu. Kalo saya harus memilih pengkaderan ato kuliah, ya kuliah lah! Tapi saya tetap support KMSI lo ya…


KULIAH

Menurutku kuliah adalah nomor satu. Itu prinsip utamaku sejak masuk ITS. Meskipun demikian, ternyata kuliah itu nggak sekedar belajar dan mengerjakan tugas doank bro! ternyata harus ikut UKM, seminar, organisasi dll, pokokny biar SKEM bisa bertambah. Di sela-sela kuliah, banyak banget pengalaman yang neko-neko abis.

Tau gak, di-SI, ada trio timur tengah! Dia adalah Jack, Kamal, dan Nabil. Waduh, kalo mereka diceritakan secara detail, gak sangar lah bek ceritaku nanti! Pokoknya yang Jack itu adalah duplikasinya mas Hatta, pokoknya lucu banget deh! Kalo Kamal, pokoknya Ustad abiz! Ada yang bisa ngalahin dia membaca Al-Qur’an gk? Yang terakhir The Nabil, nah ini…ini! Kalo dia…q kurang mengenal, he3x…

Masa perkuliahan di SI di semester satu ini menurutku kurang bermakna. Bermakna di sini dalam artian kurang atau bahkan sama sekali tidak ada minat persaingan antar mahasiswa guna mendukung semangat belajar dan pola piker kedewasaan, huennak’e! jika dipikir-pikir, apa sih untungnya nyontek sementara kuliah aja dah mbayar, terus biaya hidup di sekitar kampus (bagi yang ngekost) juga mahal. Belum beli buku ini kek, itu kek dan lain-lain. Jika saya boleh berkomentar dengan mahasiswa SI 2008, mereka memandang orang tua mereka sebagai apa sih?

Di ITS, istilah nyontek adalah mbacem. Kok mau sih membunuh otaknya sendiri! Kalo dipikir-pikir, apa susahnya sih berfikir? Tinggal mikir aja kok repot! Kalo TA sih sah-sah aja, soalnya kan kondisi fisik dan mental seseorang kan sering kali berubah-ubah. Tapi yang itu tadi lo, mbacem! Ya…bagi yang baca blog ini segera sadar lah ya! Istilahnya tuh mbacem sama dengan narkoba, menurut persepsi gue sih. Coba pikir, jika seseorang dah mbacem, pasti pengen lagi. Soalnya enak, tanpa mikir aja nilai dah jadi. Sebenarnya bukan bacemer yang memperbudak para pemikir, tapi pemikir dan rasa malaslah yang memperbudak bacemer. Ya…sekedar ngingetin aja kali’, khususnya buat mahasiswa SI 2008, parah tau’!

Di SI terpecah menjadi beberapa blok pergaulan. Beberapa ada yang menggerombol membentuk kelompok kaya, ada juga yang menjadi kelompok aktivis, emm…ada lagi, misalnya kelompok pemikir dan kelompok gaduh. Ya…setau saya sih gitu. Kalo disatu’in sih, ntar malah gak karu-karuan. Ya…biarkan angin berlalu, kalo begini menurutku malah stabil kali’. Yang penting prinsip kita adalah dasar Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, huennak’e!


PRAKTIKUM

Aku paling seneng dari seluruh kegiatan perkuliahan adalah praktikum ini. Tau gak, dari yang awalnya saya nol persen dreamweaver, nol persen flash, sekarang dah lumayan bisa. Piye to, praktikuuummm, senneng aku!

Praktikum sih kalo dicerita’in, semuanya ya mengiuti dengan sungguh-sungguh. Nah ini, seneng aku jika keadaan kuliah serius dan antusias kayak gini. Pokoknya, praktikum is the best. Yang paling membingungkan, peran asprak saat praktikum tuh apa sih? Kok fungsinya Cuma buat ngumpulin tugas pendahuluan ma posttest aja. Kalo sebelum praktikum, aku tau kalo peran asprak tuh gede banget. Ya…cukup sekian curhat aku tentang kuliah aku di SI, moga menghibur n bermanfaat. Thanks y…

Wslm…

Label:

3 Komentar:

  • peh-peh gak kuat aku yan ma artikel yang satu ini.. banyak kata-kata atos. haha

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 26 Desember 2008 pukul 20.54  

  • peh-peh gak kuat aku ma artikelmu yang satu ini..banyak kata-kata atos..haha

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 26 Desember 2008 pukul 20.58  

  • Menurutq, bukan salah mala yang tidak mau menyapa apabila disapa. itu adalah akibat kalian sendiri. coba tanya diri kamu sendiri dan pikirkan dengan suatu pemikiran yang lebih logis. Akan ada hikmah yang terkandung didalam suatu pengkaderan. Aq lebih jijik melihat orang yang memandang remeh suatu HAL padahal DIA BELUM TAU APA YANG SEBENARNYA TERJADI. Jadi tolong jaga perkataan dan tingkah lakumu. terima kasih.

    Oleh Anonymous Anonim, Pada 2 Januari 2009 pukul 00.53  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda