YAN Blog's Neo

Kamis, 02 April 2009

Dasar3--> Berhitung dengan java

Kalo makek java, bahkan buat project, gue sumpah kesamber bledek gak mungkin tidak disertakan angka2 atau nilai2 dengan program khusus. Singkat kata, pasti ada bilangan angka atau nilai di dalamnya. Nah...makanya itu, kamu cobalah untuk menggunakan perhitungan sederhana.
Emm...gini, misalkan kamu ngetik source code kayak gini:...(1)


public class Hitung1{ //membuka class

public static void main(String[]args){ //membuka method

int a = 1;
int b = 2; //tiga variable
int c = a + b;

System.out.print(c); //output

} //menutup method

} //menutup class


bedakan sama yang ini:...(2)

public class Hitung1{ //membuka class

public static void main(String[]args){ //membuka method

int a = 1;
int b = 2; //tiga variable
int c = a + b;

System.out.print("c"); //output

} //menutup method

} //menutup class

Bedakan sama yang ini juga:...(3)

public class Hitung1{ //membuka class

public static void main(String[]args){ //membuka method

int a = 1;
int b = 2; //tiga variable
int c = a + b;



System.out.print("Hasilnya adalah= "+c); //output

} //menutup method

} //menutup class


Kamu akan melihat bahwa hasil akhir dari ketiga kode yang berbeda tersebut adalah sebagai berikut:

(contoh 1) 3 //hasil compile-->execute atau tekan F5 pada jCreator, atau tekan Shift+F6 pada netbeans
(contoh 2) c //hasil compile-->execute atau tekan F5 pada jCreator, atau tekan Shift+F6 pada netbeans
(contoh 3) Hasilnya adalah= 3 //hasil compile-->execute atau tekan F5 pada jCreator, atau tekan Shift+F6 pada netbeans

Nah, dari sini udah mulai kelihatan kerennya belum???

Sekarang timbul pertanyaan lagi, gimana kalo yang ngasih inputan adalah User saat Running? Waduh...gimana lagi tuh???

x: Maksud pertanyaan itu gimana sih?
y: Maksudnya tuh gini, saat program running, program akan meminta user untuk meng-inputkan suatu nilai(angka). lalu pada akhirnya, input2 yang diminta akan diproses sehingga jawaban akan sesuai dengan kombinasi matematis inputan.
x: O....truss...aq kok gak mudeng ya ^_^!
y: Kampret loe!!!

Gimana, kamu ngerti gak sop? Salah satu caranya adalah kamu harus meng-import salah satu fasilitas java yaitu "Scanner"(tulisan S nya besar). Caranya gimana? Caranya kamu import fasilitas ini di atas public class, lalu kamu kasihkan media Scanner tersebut sebagai penyimpan variable( Apa'an sih ???). Lebih jelasnya gini deh:

import java.util.Scanner; //Import Scanner
public class Hitung2{ //membuka class

public static void main(String[]args){ //membuka method

Scanner angka = new Scanner(System.in); //penjelasan di bawah program

int a;
int b; //tiga variable
int c;

System.out.print("Masukkan nilai a= "); //ketik aja dlu
a = angka.nextInt();

System.out.print("\nMasukkan nilai b= "); //ketik aja dlu
b = angka.nextInt();

c = a + b; //rumus penjumlahan


System.out.print("\nHasilnya adalah= "+c); //output

} //menutup method

} //menutup class

penjelasannya tuh gini:
- Fungsi Scanner di program ini adalah sebagai media penyimpan angka. (ngerti?)
- Kamu perhatikan tulisan "angka" di sebelah Scanner, itu adalah inisial variabel dari fasilitas Scanner. (ngerti??)
- Kamu perhatikan juga tulisan new Scanner(System.in); , itu kamu anggap aja kata-kata magic yang harus diketik(wakakakak), q yakin kalo q jelasin sekarang kamu malah tambah gak mudeng n g berminat ama java. (pengertian donk??!)
- perhatikan pula a = angka.nextInt(); , itu maksudnya adalah nilai dari user akan disimpan dalam bentuk integer yang disimpan dalam variable angka, dimana angka adalah variabel dari Scanner. mudeng gak? kalo gak mudeng gini aja deh, pokoknya kalo kamu mau variabel a dapat menyimpan inputan dari user, kamu ketik aja gitu, anggap sebagai kata-kata magic, ok(he3x)! yang b = angka.nextInt(); juga ya!!!

Nah, outputnya tuh gini:


Masukkan nilai a= 10 //angka 1 yang ngisi adalah user saat running.[Untuk melanjutkan, tekan ENTER]
Masukkan nilai b= 50 //angka 50 yang ngisi juga user saat running pula.[Untuk melanjutkan, tekan ENTER]
Hasilnya adalah= 60 //angka 60 yang ngisi adalah komputer, keren kan?

kalo gak percaya, praktek langsung aja deh ya!! Dijamin ter mehek2^_^.

Udah punya gambaran belum tentang Kerennya program java? kalo belum, kapan2 q postingin lagi java yang lebih keren. Udah dlu ya, q mo makan, Wslm.

pesan: jangan lupakan tanda ";" pada akhir pemrograman yang ditentukan. Biasanya digunakan pada program yang ada hubungannya dengan variable, namun bisa juga dengan yang lain. kapan2 kamu pasti tahu sendiri kapan harus nggunakan tanda itu atau tidak, oke!!! Yang harus kamu kerjakan adalah, "pokoknya ngikut dulu dah!!!^_^"

Label:

1 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda